langkah-langkah membuat makalah


Banyak cara membuat makalah, tapi taukah anda? bagaimana membuat makalah yang baik dan benar sesuai EYD yang berlaku yaitu yang baik dan benar, haha, mungkin ada yang belum tau, ini saya mau kasi tau gitu haha, dulu memang makalah itu ngga seberapa penting untuk siswa-siswi smp,sma karena kebanyakan makalah itu buat oleh mahasiswa yang di beri tugas oleh dosen” nya kebanyakan si bgitu setau saya, tapi tidak untuk sekarang karena revolusi jaman semakin maju dan semakin berkembang hahaha, dan apakah anda tau makalah itu apa ?? makalah itu adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum atau dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan biasanya yang membuat makalah di sini adalah mahasiswa, namun sekarang anak SMP dan SMA sudah diajarkan tentang hal ini. Sebagai mahasiswa yang sudah berpengalaman di dunia kampus, maka menjadi kewajiban buat saya untuk berbagi tips dan cara membuat makalah yang baik dan benar. nah berikut ini ni makalah yang baik dan benar : Bagi smp, sma dan mahasiswa yang ingin mengetahui informasi Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar, berikut rangkuman caranya:
Awal Dan Langkah-Langkah Untuk Membuat Makalah:

1. Sebelum memulai membuat makalah maka anda wajib mempelajari dan menganalisa topik yang akan ditulis.
2. Menyusun pola pikir.
3. Mengumpulkan bahan-bahan materi.
Dalam menulis sebuah makalah kita dituntut untuk: – Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar – Menyusun kalimat agar lebih mudah dipahami – Singkat, padat, dan jelas dalam uraian – Rangkaian uraian yang berkaitan Tamplate Penulisan Makalah:

1. Lembar Judul atau Jilid – Judul makalah – Nama dan Nim – Nama dan Tempat Perguruan Tinggi – Tahun
2. Lembar Pengesahan
3. Kata Pengantar
4. Daftar Isi
5. Daftar Gambar
6. Daftar Tabel
7. Tubuh Makalah


a. Pendahuluan : Terbagi menjadi 3 Sub Bab 1. Latar belakang 2. Ruang lingkup 3. Maksud dan tujuan penulisan
b. Pembahasan
c. Penutup – Kesimpulan – Saran
d. Daftar Pustaka

Lampiran Format Ukuran Kertas dan Sampul Pembuatan Makalah :

a. Kertas : A4 80 gram
b. Sampul : Kertas Buffalo warna Kuning
c. Font : Arial d. Size : 12 e. Spasi : 1,5 f. Margin – Atas : 4 cm – Kiri : 4 cm – Bawah : 3 cm – Kanan : 3 cm g. Makalah ditulis minimal 10 halaman belum termasuk halaman Judul, Lampiran, dan Daftar Pustaka.
d . Nomor Halaman – Letak di kanan atas – Angka i,ii,iii,dst. Mulai dari kata pengantar sampai dengan sebelum Bab Pendahuluan. – Angka 1,2,dst. Mulai dari Pendahuluan sampai dengan akhir.

selamat mencobaa...........

0 Komentar untuk "langkah-langkah membuat makalah"

Back To Top